May 21, 2009

Indonesia Negeri Jamu


Aslinya judul di atas kurang pas, karena terkesan klasik, aslinya judulnya "Indonesia Miliki 9 Tanaman Obat" seperti yg ditulis di Inilah.com. Di situ disebutkan kalo keanekaragaman hayati Indonesia dewasa ini sedikitnya memiliki sembilan tanaman obat-obatan yang menjadi unggulan dalam penyembuhan penyakit secara alami. Dari 10.000 jenis tanaman yang telah dimanfaatkan sebagai obat, sedikitnya ada sembilan jenis tanaman yang menjadi unggulan, kata praktisi pengembangan pengobatan herbal, Ning Harmanto. Sembilan tanaman obat itu yakni mahkota dewa, sambiloto, pegagan, daun dewa, daun salam, temu mangga, temu putih, temu lawak dan tapak liman. Silahkah dibaca selengkapnay di link ini.

Ceritanya negeri Indonesia ini memang kaya ko', siapa yang gak paham kalau tanah yang dihuni bangsa ini begitu "gemah ripah loh jinawi", siapa yang gak sadar kl bermacam-macam tanaman bisa tumbuh subur di Indonesia, sampai-sampai penjajah mana yang gak ngiler untuk menguasai kekayaan Indonesia.

Itulah Indonesia yang kaya raya, alamnya subur makmur, namun sayang, kekayaan semua itu enggak didukung SDM yang mumpuni. Akibatnya Indonesia sampai sekarang masih dalam keadaan yang serba susah. Kekayaannya belum mampu dimanfaatkan sepenuhnya (eh salah, sebagian saja susah apalagi sepenuhnya) oleh rakyat kita. Malah banyak perusahaan asing yang asyik menikmatinya.

Kalau dipikir-pikir, mungkin gak ya Indonesia ini bangkit, mandiri gak suka ngutang negara lain? dengan modal kekayaan SDA yang dimiliki? kata orang seh andai saja kekayaan Indonesia dapat dimanfaatin sepenuhnya oleh penduduk negeri, Indonesia akan makmur sejahtera. Tapi katanya si...

Semoga saja calon presiden yang terpilih nanti benar-benar mampu memanfaatkan kekayaan negeri ini semaksimal mungkin. Indonesia tentu bukan hanya "negeri jamu" tapi negeri yang bener-bener kaya dalam banyak hal, termasuk SDM-nya.

1 10:

About Me

My photo
just a humble person seeking all kinds of knowledge beneficial for this life.. Completing study in a complicated country

My YM

Shout me

 

Copyright © 2009 by Asal Taroh