May 5, 2009

Mini Laptop vs Laptop beneran: milih yang mana?

Banyak dari penikmat teknologi yang masih tidak bisa membedakan antara netbook dan notebook. Meski pada dasarnya hal tidak mengapa sepanjang pengguna mengetahui cara pamakaiannya. Namun demikian alangkah baiknya jika istilah dalam dunia IT tersebut dipahami dengan baik. Nggak malu kan jika suatu saat kita ditanya seseorang apakah keduanya sama atau tidak. Atau setidaknya, jika ada kawan kita hendak menjual atau membeli netbook/notebook dengan bla bla bla.., dalam benak kita tentu bisa secara langsung menangkap apa yang dimaui teman kita.


Sekilas perbedaan antara keduanya adalah, notebook adalah kata lain dari laptop yang biasa kita jumpai selama ini. Ukurannya biasanya sekitar 12-15 inch yang dipakai kebanyakan orang. sedangkan netbook adalah "laptop mini" yang ukurannya lebih kecil yaitu sekitar 10 inch-an ke bawah. Jadi, Netbook merupakan laptop dengan desaign mini yang relatif lebih kecil daripada laptop/notebook biasa.

Di pasaran skarang ini, lumrahnya berukuran dari 7 sampai 10 inch. Di antara kelebihan Netbook adalah ia memiliki kemampuan yang cukup bagus untuk bersurfing ria di internet sama seperti Notebook. Dengan design yang kecil Netbook sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti lumrahnya laptop seperti bluetooth, USB port, card reader dan audio-visual yang tidak kalah dengan laptop. Netbook memang dirancang untuk mudah dibawa karena lebih ringan dan tentunya bentuknya yang imut menjadikan sebagai alternatif kedua selain notebook.

Netbook pada awalnya dikeluarkan oleh perusahaan Asus dengan nama EeePC-nya dan hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. Dengan kemudahannya dibawa dan digunakan produk ini banyak disukai pasar. Walaupun dengan kapasitasnya yang minim, Netbook ini bisa diakali dengan menambahkan hardiskr eksternal atau portable.

Sekarang ini banyak sekali produsen Netbook yang ada dan mudah dijumpai di pasaran. Sperti Acer meluncurkan aspire one, Lenovo dengan ideapad, HP dengan Mini 2133 dan 1000-nya dan masih banyak lagi. Gak ketinggaln produsen lokal macam axioo DJJ 616A, Zyrex Bee 106 M dan Quantel X10.

Dalam perkembangannya, netbook yang dulunya hanya mampu memiliki kemampuan penyimapanan yang relatif kecil, sekarang ini kapasitas penyimpanan hardisk yang cukup besar, dari yang dulu hanya 2GB sekarang mampu sampai 160GB. Selain itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen Netbook juga dirancang tahan guncangan/benturan sehingga lebih kokoh secara fisiknya. Tapi jangan sampai dibanting-banting. Namanya human-made ya tetep rusak.

Lanjut..., seperti yang dijelaskan di atas, Netbook dirancang dengan kemampuan yang hampir mirip dengan kemampuan laptop biasa. Wifi dan bluetooth diharuskan ada dalam perangkat ini sehingga di mana saja dapat berkonektifitas dengan dunia maya. Sekarang modem 3G internal sudah ditanamkan dalam beberapa netbook keluaran terbaru.

Dengan berat rata2 yang hanya 1kg-an dan betuk yang lebih kecil, mulai 8 inci sampe 10 incian, netbook memang cocok untuk digunakan orang yang punya banyak aktifitas. Untuk baterai, netbook rata2 telah di bekali dengan baterai tiga sel,yang mampu bertahan selama 2-3jam. Namun ada juga netbook yang mampu bertahan selama 8jam dengan batere Atom.

Untuk spesifikasi di dalam netbook saat ini telah ditanam procecor intel atom (setara intel celeron) dan juga memiliki ram 1G hingga 2G, jadi cukup mampu untuk diajak “berkatifitas”. Untuk sekedar menonton film hasil download-an cukup lah. bagi pelajar atau akademis atau bagi mereka yang suka memakai program/mesin pustaka seperti Maktabah As-Syamilah layaknya pelajar Islam, Netbook ini juga insyalah tidak ada masalah. Tambahan lain mungkin adalah penambahan camera internal di beberapa netbook.


Kekurangan Netbook: meski banyak kelebihan dan manfaat yang diberikan oleh Netbook, namun tidak sedikit pula kekuarngan dan ketrbatasan yang ditemui dari Netbook. Hal ini seperti dalam Netbook tidak kita jumpai CD/DVD room sehingga bagi mereka yang ingin mengganti operating system atau ingin menginstal windows yang lain akan kerepotan. untuk mengakalinya harus beli dahulu CD/DVD room eksternal yang harganya lumayan untuk beli bakso sam mie ayam :-D. Selain itu, layar/screen Netbook yang kecil bagi mereka yang tidak terbiasa juga akan terasa berat untuk berlama-lama di depan Netbook. Untuk masalah ini, sebanarnya laptop biasa juga sama jika pemakainya terlalu lama melototi laptop kesayanganya. Terakhir, Netbook dirancang untuk mengoprasikan program-program atau aktifitas yang tidak terlalu berat. Jadi jika Anda adalah seorang gamer -orang yang suka main game dengan dekstop PC- atao graphic designer yang suka obrak-abrik photoshop, corel draw dkk. jangan sampai menggunakan Netbook karena dijamin kemampuannya akan jauh dari yang diharapkan meski kenyataanya spec yang dimiliki cukup tinggi, bunyinya saja Ram 2gb.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Netbook adalah ringan, mudah dibawa, memiliki kemampuan yang cukup untuk mengolah data, harganya pun lebih murah yaitu sekitar 4-6jutaan. Kalo diitungitung Netbook bolehlah dijadikan sarana pencari ilmu dan penambah pengetahuan, khususnya di dunia internet.

Itu saja infonya tentang Netbook. Ibarat kata, sedia payung sebelum hujan, Sedia pengetahuan sebelum ke tempat belanjaan.

0 10:

Post a Comment

About Me

My photo
just a humble person seeking all kinds of knowledge beneficial for this life.. Completing study in a complicated country

My YM

Shout me

 

Copyright © 2009 by Asal Taroh