May 24, 2009

Tidak ada Istilah "DELETED" dalam Internet


Internet adalah dunia maya, dunia yang tidak dapat diraba secara fisik tapi pergerakannya jauh lebih cepat daripada kekuatan fisik itu sendiri. Dunia maya memang unik, tak heran hampir di seluruh alam jagad raya ini rasanya sudah kecanduan dengan makhluk yang bernama Internet. Masuk akal, internet mampu menghadirkan segala sesuatu yang berbentuk informasi, berita, tips, media komunikasi yang cepat bahkan dengan internet sekarang, trend bisnis di dunia maya juga makin marak seperti Google adsense, adbrite, adwords, affiliate, jualang ebooks, dan masih banyak lagi. Intinya internet adalah produk kemajuan teknologi yang memberikan banyak sekali manfaat sesuai keinginan pemakainya.


Tapi ada satu yang menarik dari internet. Foto atau gambar yang di upload di internet kemudian di hapus dengen menggunakan cara yang sudah disediakan di webnya, sebenarnya kemungkinan besar foto tersebut belum terhapus sepenuhnya. Artinya jika masih mau dicari, foto tersebut akan dengan mudah ditemukan.

Coba sekali-kali iseng, ambil salah satu foto dari koleksi Anda, terserah yang cakep atau yang enggak, yang penting gak sampe menimbulkan fitnah hehe. Terus upload di internet, seperti misalnya di facebook yang merupakan raja situs jejaring sosial saat ini. Kemudian setelah satu atau dua hari, catat alamat URL yang mengarah pada alamat foto tersebut (bukan gambar asli yang ditampilkan di halaman web itu sendiri). Ok, setelah itu hapuslah foto tersebut dengan cara yang disediakan dalam web. Setelah itu, kira-kira setelah satu bulan (kalo inget, kalo lupa ya udah gak jadi :-D) coba lihat dan buka kembali link URL yang sudah Anda simpan sebelumnya. Apakah link tadi masih bisa bekerja dan dapat dilihat seperti biasa atau tidak. Hasilnya? Kemungkinan besar foto anda akan tampil kembali. Hebat bukan?


Artinya, fasilitas di internet yang menyediakan fasilitas penghapusan seperti foto sebenarnya tidak menghapus sepenuhnya. Di lain waktu foto tersebut akan bisa diakses kembali seperti sediakala.


Sebenarnya hal itu gak jadi masalah selama foto tersebut tidak mengundang hal negatif. Nah..repotnya kalau yang diupload foto kawan atau seseorang yang kurang suka dengan foto tersebut dan ingin fotonya segera dihapus. Kan jadi gak enak body kalo ternyata fotonya masih ada terus di internet.


Mungkin muncul pertanyaan, mengapa bisa begitu?

Jawabannya tentu bisa, karena pada dasarnya cara kerja situs tersebut ringkasnya begini. Ketika kita mengupload foto di situs tertentu, file foto tersebut akan disimpan di database yang sangat besar. Foto yang kita lihat (sebelum kita hapus) itu hanyalah copy dari file yang telah disimpan di database tersebut. Jadi saat kita menghapus gambarnya, otomatis file aslinya masih tersimpan dengan rapi dalam database. Nah penghapusan file yang asli akan dilakukan oleh operator situs dalam beberapa saat tertentu, seperti seminggu, sebulan dan seterusnya. Makanya jangan heran jika pada saat-saat tertentu, di tengah-tengah asyik membuka facebook tiba-tiba situs tersebut seperti sedang hang atau tidak bekerja secara maksimal. Mungkin di waktu itu pengelola situs tersebut sedang menjalankan maintenance atau aktifitas semacamnya termasuk penghapusan gambar-gambar sesuai permohonan pemakainya.


Begitulah internet, khususnya sistus jejaring sosial seperti facebook, netlog, flixter, friendster, dll. Menurut peneliti di Cambridge University, hampir semua situs pertemanan di internet tidak menghapus foto secara langsung saat ada permintaan dari pemakai. Hanya flickr yang yang tergolong paling bagus dalam hal ini karena situs tersebut mampu menghapus foto secara langsung.


Kawan-kawan..Pelajaran yang bisa diambil mungkin…jangan sampai kita mengupload foto yang kurang baik dilihat atau mungkin akan menimbulkan hal-hal negatif yang tidak kita inginkan. Khususnya bagi anak muda neh yang biasanya masih suka usil melakukan sesuatu yang aneh-aneh… upload yang baek-baek aja ya…

0 10:

Post a Comment

About Me

My photo
just a humble person seeking all kinds of knowledge beneficial for this life.. Completing study in a complicated country

My YM

Shout me

 

Copyright © 2009 by Asal Taroh